Banyak aktivitas yang menuntut orang untuk duduk hingga berjam-jam lamanya terutama bagi pekerja kantoran. Tidak hanya pekerja kantoran, pengemudi mobil juga harus rela duduk berjam-jam lamanya sepanjang hari. Faktanya, kebiasaan duduk berjam-jam lamanya bisa menyebabkan postur tubuh terutama bagian bokong jadi berubah.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Otot bokong (glute) merupakan salah satu otot paling penting dari otot-otot rangka pada tubuh dan berpengaruh pada gerakan pinggul, rotasi panggul dan stabilitas panggul. Tidak jarang bagian tubuh tertentu akan merasa sakit setelah duduk berjam-jam. Hal tersebut disebabkan karena otot-otot bokong yang tertutup setelah duduk dalam jangka waktu yang lama. Otot-otot yang tertutup ini menjadi tidak aktif sehingga mengencangkan fleksor pinggul dan kurva tulang belakang. Akibatnya, banyak orang yang mengeluhkan nyeri punggung karena duduk berjam-jam sepanjang hari. Efek dari duduk berjam-jam memang tidak akan terlihat dalam jangka waktu yang singkat. Setidaknya membutuhkan waktu lima tahun untuk merasakan perbedaan pada postur tubuh jika konsisten duduk lama sepanjang hari. Tidak hanya bokong, bagian tubuh lain seperti lutut dan pergelangan kaki juga akan terkena dampaknya.

Saat Anda duduk berjam-jam lamanya, otot besar di bokong tidak menarik berat sehingga tekanan dan kekuatan berpindah ke titik-titik lemah. Otot bokong yang tidak aktif terus-menerus akan membuatnya lemah, kondisi ini disebut atrofi otot. Kondisi ini dapat memperburuk postur tubuh, terutama bagi wanita yang berkeinginan memiliki postur tubuh yang indah. Hasilnya, bentuk bokong menjadi datar atau dikenal sebagai istilah ‘bokong meja’. Akibat lainnya dari otot bokong yang lemah adalah hilangnya kemampuan otot bokong untuk menstabilkan panggul, sehingga tubuh akan cenderung miring ke depan dan memberi beban tekanan lebih pada tulang belakang bagian bawah.

Mencegah Terbentuknya ‘Bokong Meja’

Jika aktivitas Anda memang mengharuskan untuk duduk lama, pastikan posisi duduk telah benar dengan cara menyesuaikan kursi sehingga posisi pinggul sedikit di atas lutut dan posisi kaki menyentuh lantai. Anda juga bisa menambahkan bantal di kursi untuk mendukung punggung bawah dan membuat posisi duduk menjadi lebih rileks. Atur posisi bahu agar tetap rileks dengan cara mengatur posisi layar komputer sedikit di bawah bahu. Jika posisi layar terlalu rendah, kepala akan menunduk dan membuat tengkuk cepat lelah. Perhatikan pula posisi lengan agar sama tinggi dengan meja dan letakkan keyboard pada jangkauan Anda. Selain mengatur posisi duduk, Anda bisa melakukan peregangan yang menargetkan area bokong untuk kembali membentuk postur tubuh yang indah.

Untuk Anda yang menginginkan postur tubuh bagian belakang yang indah, operasi pembesaran bokong (gluteal) bisa menjadi solusi untuk postur tubuh yang berubah akibat duduk terlalu lama. Operasi plastik ini bertujuan untuk meningkatkan ukuran dan volume bokong dengan memasukkan implant silikon. Untuk mengisi volume bokong bisa dilakukan melalui transfer lemak dengan syarat Anda memiliki lemak donor yang mencukupi. Operasi pembesaran bokong juga bisa dilakukan untuk meningkatkan volume bokong orang yang langsing dan kurus.

Untuk menjaga postur tubuh yang baik, pastikan Anda tetap melakukan sedikit peregangan meskipun diharuskan untuk duduk dalam jangka waktu yang lama. Kegiatan kecil seperti pergi ke kamar mandi atau pergi ke pantry kantor akan membuat otot bokong aktif kembali dan postur tubuh belakang akan tetap terjaga. #LiveExcellently