Kanker sudah dikenal sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Namun bukan berarti kita hanya bisa pasrah dan tidak melakukan apa-apa. Berbagai cara dalam menjalankan pola hidup sehat dapat dilakukan untuk mencegah terserang penyakit kanker.

Berikut adalah pola hidup sehat yang dapat anda jalankan untuk mengurangi resiko terkena kanker :

  1. Pola makan : Hindari makanan yang mengandung banyak bahan kimia seperti pewarna, penyedap, dan pengawet buatan. Bahan kimia tersebut biasa terdapat pada produk makanan kemasan dan makanan kaleng. Adapun juga bahan pengawet yang dipakai pada minuman dan bubuk minuman sachet.
  2. Obesitas : Kelebihan berat badan atau yang biasa disebut obesitas dapat memicu kanker karena adanya energi berlebih yang menyebabkan peningkatan insulin pada tubuh. Kondisi ini disebut hiperinsulinemia dan dapat menyebabkan kanker payudara pada perempuan.
  3. Minuman alkohol : Alkohol bersifat sebagai radikal bebas yang merusak DNA, protein dan lemak dalam tubuh melalui reaksi kimia yang dikenal sebagai oksidasi. Alkohol juga mengganggu kemampuan tubuh mengolah berbagai nutrisi (seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin karotenoid) yang berfungsi mencegah kanker.
  4. Merokok : Menurut penelitian di Inggris, sejumlah 15,6% wanita menderita kanker serviks akibat merokok. Seorang wanita perokok pasif memiliki resiko dua kali lebih tinggi terkena kanker serviks. Hal tersebut dikarenakan zat kimia berbahaya pada rokok masuk ke dalam darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Tak hanya kanker servis, merokok juga dapat menyebabkan terserang kanker laring (kotak suara), esophagus (kerongkongan), mulut dan faring (tenggorokan), paru-paru, kandung kemih, pancreas, ginjal, liver, lambung, dan juga usus.
  5. Kurang beraktivitas : Terlalu sering berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun dapat memicu penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gerakan otot yang mendistribusikan cairan limpa ke seluruh jaringan tubuh kemungkinan besar akan terhambat. Hal tersebut menjadi berbahaya karena sistem kekebalan tubuh akan berkurang dan sel kanker akan lebih leluasa untuk berkembang.

*dirangkum dari berbagai sumber*