Rambut rontok dapat berujung pada kebotakan. Jika rambut Anda mengalami kerontokan lebih dari 100 helai per hari, kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut berlebih. Sebelum kerontokan bertambah parah, mari kenali penyebab dan cara mengatasinya.

Rambut tipis karena rontok bisa terjadi karena beberapa hal. Beberapa orang memang mengalami kerontokan karena faktor keturunan, tetapi gaya hidup Anda sehari-hari dan beberapa jenis penyakit juga dapat membuat rambut Anda mengalami kerontokan berlebih. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok dan cara yang dapat dilakukan untuk menanganinya.

  1. Keturunan

Jika kedua orangtua Anda memiliki masalah kerontokan rambut, besar kemungkinan Anda akan mengalaminya juga. Penipisan ini akan dimulai pada usia 50-60 tahun, tetapi gejalanya dimulai di usia 20-an. Untuk kerontokan rambut karena keturunan, Anda disarankan untuk menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Stres

Trauma fisik seperti kecelakaan, tidak cukup istirahat karena faktor pekerjaan, dan penurunan berat badan secara drastis dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jangka waktu yang sementara. Tidak hanya itu, stres karena faktor emosional juga dapat membuat Anda mengalami kerontokan rambut berlebih. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengatasi kerontokan rambut karena stres. Agar rambut dapat kembali tumbuh dengan normal, Anda harus mengatasi sumber stres terlebih dahulu. Untuk membantu proses pemulihan, Anda perlu waktu istirahat dan tidur yang cukup, banyak minum air, dan mengonsumsi makanan yang kaya protein.

  1. Kekurangan atau kelebihan vitamin

Bila tubuh Anda kekurangan vitamin B, kerontokan rambut dapat terjadi. Cara menanganinya tentu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B seperti ikan, ubi, alpukat, daging serta suplemen makanan.

Di sisi lain, kelebihan vitamin A juga dapat menyebabkan rambut rontok. Batasi konsumsi vitamin A atau konsultasikan dengan ahli gizi Anda.

  1. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun alopecia aerata terjadi karena sistem kekebalan tubuh menganggap rambut sebagai partikel yang berbahaya sehingga sistem tersebut menyerang folikel rambut. Akibatnya, rambut kepala akan mengalami kerontokan. Pada kasus tertentu, kerontokan juga akan terjadi pada rambut di bagian alis dan kaki, bahkan di seluruh tubuh. Untuk menanganinya, Anda dapat mengunjungi rumah sakit agar segera diberikan tindakan yang tepat.

  1. Ketombe

Jika kulit kepala Anda berketombe, Anda juga memiliki kecenderungan untuk mengalami kerontokan rambut. Agar kulit kepala kembali sehat, gunakan sampo yang tepat, yaitu yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, dan selenium sulfida.

  1. Produk penata rambut

Rambut yang indah memang menjadi impian banyak orang, terutama perempuan. Karena itu, penataan rambut dengan pengering, catokan, bahkan cat menjadi pilihan menarik. Namun, rambut yang sering terkena panas dari pengering dan catokan akan kehilangan kelembapannya sehingga rambut menjadi kering, bercabang, dan rontok. Cat rambut juga dapat membuat rambut menjadi kering dan rontok. Untuk itu, kenali tingkat kerusakan rambut Anda. Bila rontok, kering, dan bercabang, kurangi pemakaian produk penata rambut yang semakin merusak rambut Anda.

Tangani Kerontokan Rambut dengan Mesotherapy

Bila berbagai penanganan dan tindakan yang Anda lakukan tidak kunjung membuat kerontokan rambut berkurang, Anda dapat melakukan mesotherapy di EMC EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center. Cara kerja terapi ini adalah dengan memasukkan obat dan vitamin ke dalam lapisan kulit menggunakan jarum khusus berukuran kecil dengan kedalaman hingga 1-2mm. Karena dimasukkan langsung ke dalam kulit, obat dan vitamin bisa langsung terserap dengan mudah oleh jaringan kulit, termasuk kulit kepala Anda.

Jangan tunggu hingga rambut semakin tipis. Bila Anda memiliki masalah dengan stres, gen keturunan, dan penyakit autoimun yang menyebabkan rambut tipis, rontok, dan tidak kunjung sembuh, mesotherapy adalah cara yang tepat memulihkan pertumbuhan rambut Anda.

Tidak hanya untuk menangani rambut rontok, mesotherapy juga direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat, bintik hitam, dan lemak di bagian-bagian tubuh tertentu. Bila Anda ingin mendapatkan tindakan ini, kunjungi dokter dan EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang paling tepat sesuai kondisi Anda.

Nah, itulah penyebab, pencegahan, dan penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut tipis dan rontok. Jangan tunggu hingga kerontokan bertambah parah. Pastikan Anda tidak menunda untuk melakukan penanganan yang tepat atau berkonsultasi dengan dokter. #LiveExcellently