Sebagai salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia, orang-orang rela melakukan segala cara untuk dapat terhindar dari kanker. Baik dengan cara membiasakan gaya hidup sehat, rajin berolahraga, hingga memerhatikan asupan gizi sehari-hari. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan Anda sehari-hari yang tanpa disadari dapat menjadi pemicu kanker.

Meski tampak sepele, kebiasaan-kebiasaan ini nyatanya cukup berpengaruh terhadap munculnya sel-sel kanker di dalam tubuh Anda seiring berjalannya waktu. Untuk meminimalkan risiko Anda dan keluarga terkena penyakit kanker, simak terlebih dahulu 5 kebiasaan kecil yang bisa memicu timbulnya kanker berikut ini.

  1. Jarak ponsel yang terlalu dekat dengan kepala saat tidur

Di era ini, ponsel memang sudah menjadi sesuatu yang mustahil dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa ponsel, Anda akan merasa tidak terhubung dengan dunia luar dan ketinggalan berita-berita terbaru. Tak heran jika hal pertama yang Anda lihat di pagi hari saat terjaga dan hal terakhir yang Anda lihat di malam hari adalah ponsel Anda.

Sayangnya, kebiasaan meletakkan ponsel terlalu dekat dengan kepala Anda di malam hari saat tidur ternyata berdampak sangat buruk bagi kesehatan Anda. Dilansir dari California Department of Public Health (CDPH), paparan energi frekuensi radio dari ponsel memperbesar risiko munculnya sel-sel kanker pada otak. Untuk itu, hindari kebiasaan ini dengan meletakkan ponsel sedikit lebih jauh dari kepala Anda saat hendak tidur. 

  1. Duduk terlalu lama

Sebagian besar pekerja menghabiskan waktu mereka dengan duduk sambil menyelesaikan tugas kantor selama setidaknya 8 jam sehari. Padahal, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker endometrium, kolorektal, hingga payudara. Biasakan diri Anda untuk melakukan aktivitas fisik simpel, seperti peregangan atau berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari agar terhindar dari risiko terkena penyakit kanker. Hal ini juga dapat membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh agar tubuh Anda senantiasa bugar.

  1. Jarang terpapar matahari

Matahari memang kerap kali dianggap sebagai musuh oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena alasan kecantikan. Padahal, paparan matahari sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk asupan vitamin D yang cukup. Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang jarang terkena paparan matahari selama 30 tahun memiliki risiko dua kali lipat lebih banyak terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang sering beraktivitas di outdoor.

  1. Mengonsumsi minuman beralkohol dan rokok

Gaya hidup tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok secara aktif adalah salah satu penyebab utama seseorang terkena penyakit kanker. Jenis kanker yang disebabkan oleh masuknya alkohol ke dalam tubuh di antaranya: kanker payudara, kanker di sekitar kepala, leher, serta hati yang bertugas untuk terus-menerus menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Selain minuman beralkohol, zat beracun dari asap rokok juga berpotensi menjadi pemicu kanker sekaligus mempercepat perkembangan sel-sel kanker tersebut di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, segera hindari dua kebiasaan tersebut jika Anda ingin meminimalkan risiko terkena penyakit kanker.

  1. Makan tidak terkontrol

Mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh memang bukan tugas yang mudah. Inilah alasan mengapa obesitas menjadi penyakit yang cukup umum diderita oleh masyarakat. Jika seseorang sudah terkena obesitas, akan terjadi penurunan kesuburan, kualitas gerak, serta peningkatan risiko terkena penyakit kanker. Kondisi tubuh yang terlalu gemuk dapat berakibat pada terganggunya fungsi hormon yang kemudian membuat tubuh menjadi semakin rentan terhadap sel-sel kanker. 

Itulah lima kebiasaan kecil yang bisa memicu timbulnya kanker pada tubuh Anda. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit kanker, atau setidaknya memperkecil risiko Anda terkena penyakit kanker, segera hindari kebiasaan-kebiasaan di atas mulai dari sekarang. Selain itu, biasakan pula mengimplementasikan gaya hidup sehat pada diri Anda sendiri serta keluarga agar senantiasa terhindar dari penyakit.

Artikel ini di review oleh dr. Wendell Ken, Sp.B , Dokter spesialis Bedah Umum RS EMC Sentul. Jadwal praktek dr Wendel : Senin, Rabu, Kamis pk 08.00 – pk 16.00 WIB dan Selasa, Jumat pk 13.00 – pk 16.00 WIB. #LiveExcellently