Kondisi kulit yang muda, sehat, dan terawat, secara tidak langsung membuat penampilan terlihat lebih segar. Tidak mengherankan jika banyak orang, terutama wanita, mendambakan kondisi kulit yang awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa proses penuaan dini pada kulit tidak terjadi secara tiba-tiba. Penuaan dini pada kulit terjadi sebagai hasil dari kesalahan pola hidup dan kebiasaan tidak sehat yang secara tidak sadar sering dilakukan. Untuk menghindari penuaan dini, sebaiknya Anda hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

Kurang tidur

Kebiasaan pertama yang dapat membuat Anda terkena penuaan dini adalah kurang tidur. Sekilas, kurang tidur mungkin tidak terdengar membahayakan bagi kesehatan kulit Anda. Namun, jika kebiasaan kurang tidur ini sering dilakukan berulang-ulang, maka akan menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata dan kulit menjadi terihat lebih kusam. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka dapat mempercepat proses penuaan dini.

Oleh karena itu, selalu usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Jam tidur yang cukup akan membuat proses perbaikan jaringan kulit jadi lebih optimal. Perbaikan jaringan kulit tersebut berfungsi untuk menghindarkan Anda dari kerut halus dan penuaan dini.

Tidak menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari dalam waktu lama bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Salah satu dampak buruk dari paparan sinar matahari yang terlalu lama adalah timbulnya bintik-bintik kehitaman dan kerutan pada kulit.

Untuk menghindari terjadinya penuaan dini, ada baiknya Anda menggunakan tabir surya jika hendak beraktivitas di luar ruangan. Namun, biasanya sunscreen hanya bertahan sekitar 2-3 jam setelah pemakaian. Oleh karena itu, sebaiknya ulangi penggunaan sunscreen setiap dua jam sekali untuk perlindungan yang optimal agar terhindar dari penuaan dini dan bahaya akibat paparan sinar matahari.

Merokok dan minum minuman beralkohol

Jika Anda merupakan seorang perokok dan sering meminum minuman beralkohol, ada baiknya Anda mulai mengurangi atau bahkan berhenti mulai dari sekarang.  Merokok dan minum minuman beralkohol dapat mempercepat penuaan dini karena kandungannya bisa membuat kulit jadi kering, kusam, dan keriput. Rokok mengandung nikotin yang dapat memicu kerusakan pada kolagen kulit, sedangkan alkohol cenderung membuat kulit jadi dehidrasi sehingga memicu keriput.

Meski Anda tidak merokok, sebaiknya Anda juga menghindari asap rokok yang berasal dari perokok aktif di sekitar Anda karena mengisap asap rokok dari yang berasal dari luar pun sama berbahayanya untuk kesehatan kulit Anda. 

Posisi tidur

Tidur dengan posisi yang sama setiap malam ternyata dapat menyebabkan keriput di wajah. Tidur dengan posisi menyamping dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu. Posisi tidur telentang adalah posisi tidur yang baik untuk membantu mencegah timbulnya kerutan. Pada posisi ini, wajah Anda melawan gravitasi sehingga kulit wajah tidak tertarik ke bawah. 

Ekspresi wajah

Gerakan wajah yang berulang juga dapat mempercepat penuaan kulit. Saat Anda menggerakkan otot wajah, lekukan akan terbentuk di bawah permukaan kulit. Kulit  akan menua seiring dengan usia dan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit akan sulit untuk kembali ke bentuk normalnya. Dengan begitu, lekukan yang muncul akibat ekspresi wajah terbentuk menjadi permanen sebagai garis-garis halus dan kerutan. Beberapa ekspresi wajah yang cenderung membuat keriput lebih cepat terbentuk adalah ekspresi marah, mengernyitkan dahi, dan menyipitkan mata.

 

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan dini. Mengurangi kebiasaan buruk di atas akan membuat Anda lebih awet muda dan tampil percaya diri. Untuk mendapatkan perawatan kulit yang efektif dalam pencegahan maupun perawatan kulit dengan penuaan dini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dari EMC Aesthetic Center. #LiveExcellently