Operasi plastik sudah bukan menjadi hal yang tabu bagi masyarakat jaman sekarang. Tren sosial media yang mendunia membuat masyarakat terutama wanita, ingin menampilkan image atau foto diri yang cantik. Banyak usaha yang dilakukan seorang wanita agar dapat terlihat lebih cantik, dan salah satu nya yang permanen yaitu operasi plastik.

Ada 2 jenis prosedur operasi plastik, yaitu operasi rekonstruksi dan operasi kosmetik. Operasi rekonstruksi bertujuan untuk memperbaikin cacat yang ada pada tubuh atau wajah. Contohnya seperti bibir sumbing, luka akibat gigitan binatang, luka bakar, atau membuat kembali payudara (bila setelah operasi kanker payudara). Sedangkan operasi kosmetik atau kecantikan bertujuan untuk mengubah bagian tubuh seseorang agar terlihat lebih cantik dan sempurna. Contoh operasi kosmetik seperti memperbesar atau memperkecil payudara, membentuk hidung, dan mengurangi lemak dari bagian tubuh.

Pelaksanaan operasi plastik bukan suatu hal yang mudah. Seorang praktisi harus sekolah terlebih dahulu di dokter umum, baru kemudian mengambil sekolah khusus bedah plastik. Seorang dokter bedah harus berkompeten dan juga diudukung dengan teknologi canggih.

Operasi plastik tidak berbahaya asalkan ada kerjasama yang baik antara pasien dan juga dokter. Pasien harus mematuhi aturan yang diberikan oleh dokter selama proses dan pasca operasi.Maka operasi plastic akan berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan efek apapun di kemudian hari.

Tak hanya wanita, namun pria juga sudah banyak yang menjalani operasi plastik agar penampilan fisik nya menjadi lebih baik. Salah satu contohnya yaitu membuat hidung mancung. Bila anda masih ragu untuk menjalani operasi plastik, ada beberapa opsi lain seperti thread lift (tanam benang), atau filler. Namun untuk kedua opsi tersebut tidak tahan selamanya dan memerlukan retouch dalam jangka waktu tertentu.

Tidak banyak Rumah Sakit maupun klinik kecantikan yang memiliki treatment operasi plastik. Salah satu tempat yang menyediakan treatment yang lengkap mulai dari operasi plastik sampai treatment kecantikan lainnya yaitu EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center yang berada di RS EMC Sentul. Anda bisa klik disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan juga konsultasi.

Source : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3005219/amankah-melakukan-operasi-plastik-di-usia-remaja

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/10/19/nwgznk313-operasi-plastik-ini-pandangan-medis

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1021667-ingin-hidung-mancung-mau-pilih-bedah-plastik-atau-filler