Penyakit Ginjal Kronis (disingkat PGK) adalah penyakit yang menyerang ginjal dalam jangka waktu lama (bulan – tahun) yang dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

Penyebab PGK sering disebabkan oleh :

  • Diabetes Mellitus (kencing manis)
  • Darah tinggi (hipertensi)
  • Batu saluran kencing
  • Penyakit autoimun

Seputar mitos PGK :

  1. Sakit pinggang berarti sakit PGK.

Faktanya : sakit pinggang ini tidak selalu berkaitan dengan sakit ginjal. Beberapa penyakit lain yang bermanifestasi di pinggang adalah penyakit pada tulang belakang, penyakit saraf, penyakit otot, dan penyakit degenerative.

  1. Pengujian untuk PGK adalah proses yang panjang dan mahal.

Faktanya serangkaian pemeriksaan untuk menentukan PGK tidaklah panjang dan mahal. untuk menentukan anda sakit gagal ginjal atau tidak, ditentukan dengan pemeriksaan dokter dan pemeriksaan penunjang (Ureum, Kreatinin, Urine, dan Rontgen).

  1. Bila anda memiliki bakat PGK maka tidak ada harapan untuk mencegahnya.

Faktanya penyakit PGK ini dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana, yaitu berolahraga, makan dengan gizi seimbang, maintenance stress, dan cukup minum).

  1. Tidak ada yang tahu yang menyebabkan PGK.

Faktanya penyebab PGK dapat diketahui sejak awal, artinya bila anda memiliki penyakit diabetes, hipertensi, batu saluran kemih, dan penyakit autoimun sangat dianjurkan untuk melakukan pencegahan dengan pola hidup sehat.

  1. Satu-satunya pengobatan untuk PGK adalah cuci darah.

Faktanya tidak semua PGK diterapi dengan cuci darah, pada PGK yang masih ringan dapat diterapi dengan mengontrol penyakit dasarnya dan berpola hidup sehat.

 

Kapan anda perlu berkonsultasi dengan dokter ? Anda perlu berkonsultasi dengan dokter apabila anda memiliki bakat atau menderita penyakit kronis yang berpotensi dapat menyebabkan PGK (seperti Diabetes mellitus, darah tinggi, dan penyakit autoimun).

Artikel ini ditulis oleh dr Benedict Iglecias Sihombing (Tim PKRS EMC Tangerang).