Setiap wanita harus berjaga-jaga dengan mengenal lebih dalam mengenai Kanker Payudara. Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini. Namun, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bagi wanita, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang cukup menakutkan dan sebisa mungkin dihindari. Bahkan dari hasil survei Singapore Health Services disebutkan bahwa lebih dari 21% penderita kanker yang didagnosis pada wanita ternyata kategori kanker payudara.

Ada beberapa ciri-ciri Kanker Payudara yang harus anda kenali sebelum memasuki stadium lanjut, agar memungkinkan untuk diobati atau disembuhkan. Berikut ini ciri-ciri kanker payudara yang perlu anda ketahui :

  1. Munculnya benjolan di payudara : Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara.
  2. Warna kulit payudara berubah : Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit. Meski begitu, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak terjadi.
  3. Puting terasa sakit : Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Selain itu, ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak.
  4. Muncul benjolan pada ketiak : Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Source : https://www.alodokter.com/wanita-kenali-ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-1-sebelum-terlambat

https://www.cermati.com/artikel/kanker-payudara-ciri-ciri-kanker-payudara-gejala-dan-penyebab-kanker-payudara