Kanker merupakan penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa control dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain melalui darah dan sistem limfe. Tidak hanya membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit, namun sel kanker juga dapat menyebabkan kematian.

Banyak orang yang beranggapan kalau kanker itu merupakan takdir seseorang, ada juga yang beranggapan kalau itu karena pola hidup yang tidak sehat, da nada juga yang beranggapan kalau penyakit kanker itu disebabkan oleh keturunan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan John Hopkins University, dua dari tiga kasus kanker pada orang dewasa dipicu oleh mutasi gen yang menyerang secara acak, yang kemudian menimbulkan tumor. Studi menunjukkan bahwa secara umum perubahan dalam jumlah pembelahan sel induk di suatu jenis jaringan sangat berkorelasi dengan perubahan dalam kejadian kanker pada jaringan yang sama. Artinya, semakin tinggi jumlah pembelahan sel jaringan dalam tubuh, semakin tinggi resiko kanker.

Meskipun begitu, bukan berarti pola hidup yang tidak sehat tidak dapat memicu munculnya kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, leher, kepala, kolon, rektum (usus besar dan anus), dan kanker paru-paru disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan juga ada faktor keturunan. Kesimpulannya kanker merupakan hasil gabungan berbagai faktor seperti genetik, lingkungan, dan mutasi gen secara acak.

Kanker dapat menyerang siapa saja, bagian tubuh manapun, dan juga pada semua golongan umur tanpa terkecuali. Bila anda merasakan muncul nya benjolan atau tumor di salah satu bagian tubuh, lebih baik segera periksakan ke rumah sakit untuk mencegah sel kanker meluas atau merusak jaringan disekitarnya.

*dirangkum dari berbagai sumber*