Rambut kerap dikenal sebagai mahkota kecantikan bagi wanita. Memiliki rambut yang indah dan sehat seakan sudah menjadi suatu bagian yang tak terpisahkan untuk mendapatkan penampilan yang maksimal. Tidak mengherankan jika banyak wanita yang sangat memerhatikan kesehatan dan keindahan rambutnya.

Namun, apakah fungsi rambut sebagai mahkota hanya berlaku pada wanita? Lantas, bagaimana dengan pria? Pria, terutama yang telah berusia 35 tahun ke atas, juga rentan mengalami kerontokan rambut yang parah hingga mengalami kebotakan. Untuk mengetahui penyebab kerontokan rambut, sebelumnya mari kenali beberapa fakta menarik tentang rambut.

Fakta Seputar Rambut

rambut rontok

Secara umum, rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia dan area yang paling banyak ditumbuhi rambut adalah area kepala. Rambut manusia memiliki beberapa fakta unik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Misalnya, rambut terdiri dari 50% karbon, 23% oksigen, 17% nitrogen, 6% hidrogen, dan 4% sulfur. Selain itu, 90% dari berat rambut dipengaruhi oleh keratin, sejenis protein dengan struktur helix yang berikatan dengan disulfide. Rambut manusia juga tumbuh sekitar 0,3 mm per hari atau hingga 4 cm per tahun.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa rambut memiliki siklus kehidupan. Fase pertama adalah fase anagen atau fase pertumbuhan. Pada fase ini, folikel rambut akan mengalami pertumbuhan yang konstan atau stabil. Fase berikutnya adalah fase catagen atau lebih sering dikenal sebagai fase transisi. Yang terakhir adalah fase telogen atau tahapan istirahat, di mana pada fase ini, rambut akan rontok atau terlepas dari kulit kepala.

Meski begitu, Anda tidak perlu takut rambut Anda akan menipis drastis akibat kerontokan rambut yang menyeluruh. Pasalnya, setiap folikel rambut melewati siklus pertumbuhan pada waktu yang berbeda sehingga rambut tidak akan rontok pada waktu yang bersamaan.

Penyebab dan Penanganan Rambut Rontok

permasalahan rambut rontok

Masalah kerontokan rambut menjadi salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Kerontokan yang parah pada rambut dikhawatirkan menimbulkan permasalahan yang serius, seperti kebotakan. Salah satu jenis kebotakan yang cukup sering terjadi adalah alopecia areata atau kebotakan pada area spesifik yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Untuk membantu diagnosis kerontokan rambut, ada beberapa jenis tes yang bisa diikuti untuk mengetahui penyebab spesifik kerontokan rambut. Beberapa tes yang dapat dilakukan adalah PULL TEST, Hair Diagnostic Trichogram dan Hair Diagnostic Trichosan yang dapat dilakukan untuk membedakan pada masa apakah kerontokan rambut terjadi.

Mengetahui akar penyebab kerontokan dapat membantu penanganan masalah kerontokan rambut. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kerontokan adalah malnutrisi (kekurangan  zat gizi dan mineral), penyakit kronis, kondisi pasca operasi, depresi, keracunan, pewarnaan rambut, beberapa jenis obat-obatan, kemoterapi, radioaktif dan logam berat, hormonal, genetik, dan penyakit kandungan seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik).

Ketika kerontokan rambut menyerang, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa pilihan terapi yang dapat Anda coba, mulai dari sampo, produk krim, lotion, tonik, serum  topikal, mesoterapi, obat, serta vitamin, yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Selain itu, tersedia juga perawatan dan produk khusus rekomendasi dokter yang dapat mengatasi kasus kerontokan rambut.

Namun, tidak semua kasus kerontokan dapat diatasi. Dalam beberapa kasus kronis, kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan yang sulit diobati dengan pengobatan dan perawatan. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin dapat menjadikan  hair implant atau cangkok rambut sebagai salah satu plihan solusi bagi permasalahan Anda. Tindakan ini efektif untuk dilakukan karena tindakan ini merupakan tindakan kecil dan tidak memerlukan pembiusan serta tidak memerlukan rawat inap.

Tidak perlu bingung mencari tempat hair implant yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, Rumah Sakit EMC Plastic Surgery and Aesthetic Center menyediakan layanan hair implant yang ditangani langsung oleh dokter yang kompeten dan berpengalaman, seperti Prof. DR. Dr. David S. Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K) yang berpraktik di RS EMC Sentul pada hari Senin, Sabtu, dan Minggu pukul 09-12 WIB. Jangan biarkan kerontokan rambut Anda berkembang menjadi kebotakan. Rawat terus kesehatan rambut Anda untuk rambut yang sehat, indah, dan bebas rontok. #LiveExcellently