Setelah sebelumnya kita membahas mengenai penyebab Kanker payudara, kali ini mari kita cari tahu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya kanker payudara.

 

  1. Menjaga berat badan ideal : Berat badan berkaitan erat dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami kenaikan berat badan atau obesitas setelah menopause menjalankan 30-60 persen risiko kanker payudara. Sementara itu, wanita yang mengalami kenaikan berat badan atau obesitas sebelum menopause berisiko 20 hingga 40 persen lebih banyak menderita kanker payudara dibandingkan mereka dengan berat badan normal.
  2. Mengkonsumsi makanan sehat : Mengkonsumsi makanan berupa buah dan sayuran sehat tidak serta merta akan melindungi Anda dari kemungkinan kanker payudara, namun setidaknya dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara. Sebisa mungkin hindari makanan berlemak.
  3. Rutin berolahraga : Wanita yang aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko meningkat di kalangan wanita yang belum bekerja secara fisik selama bertahun-tahun. Standar untuk latihan aerobik dengan intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah 2 jam dan 30 menit per minggu.
  4. Hentikan kebiasaan merokok : Apabila Anda adalah perokok aktif, siap siap, karena Anda memiliki risiko terkena kanker payudara hingga 13 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak pernah benar-benar merokok. Wanita yang merokok pada usia muda, risikonya bahkan lebih tinggi, yaitu ditambah 12 persen. Sekali lagi, wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama, risikonya meningkat sebesar 21 persen. Jika kita melihat risiko ini, berhenti merokok sekarang juga merupakan pilihan yang paling tepat.
  5. Membatasi minuman beralkohol : Minum satu gelas alkohol per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 10-12 persen dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Potensi untuk kanker payudara lebih tinggi jika Anda biasanya minum lebih dari satu gelas sehari. Ini bisa terjadi karena ada hubungan antara kadar alkohol dan perubahan jumlah hormon dalam darah. Dalam hal ini, sebagai cara untuk mencegah kanker payudara mengurangi asupan alkohol, bahkan disarankan untuk berhenti sama sekali.

Itulah 5 Solusi Mencegah Kanker Payudara yang bisa anda lakukan sekarang sebelum penyakit kanker payudara menyerang pada tubuh anda, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.