Apakah Anda memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat? Selain menyebabkan peradangan pada lapisan dermis kulit, tak jarang jerawat juga menimbulkan bekas yang dapat mengganggu penampilan. Bekas jerawat dalam bentuk perubahan tekstur dan warna kulit ini seringkali terus bertahan meski jerawat sudah lama sembuh. Hal tersebut disebabkan oleh rusaknya dinding folikel akibat peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Pada proses penyembuhannya, kulit berusaha memperbaiki dirinya sendiri dengan membentuk serat kolagen baru. Namun, proses perbaikan tersebut tidak bisa sehalus dan sesempurna kulit aslinya, sehingga muncul bekas jerawat yang mengganggu.

Untuk mencegah bekas jerawat, sebaiknya hentikan kebiasaan memegang atau memencet jerawat karena dapat menimbulkan luka dan bekas pada kulit. Jika kulit Anda sudah terlanjur memiliki banyak bekas jerawat, khususnya bekas jerawat yang menimbulkan noda pada kulit, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa bisa dilakukan seperti dengan melakukan langkah-langkah berikut.

Memanfaatkan Ekstrak Lidah Buaya

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengurangi bekas jerawat. Lidah buaya yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan kandungan sehat lainnya dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak, sehingga luka dan bekas jerawat dapat dikurangi dengan pemakaian yang rutin. Meski bisa membeli produk berbahan dasar lidah buaya dalam kemasan, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan lidah buaya alami dan menjadikannya sebagai masker. Lakukan pemakaian yang rutin untuk mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat.

Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Eksfoliasi kulit ini dapat dilakukan dengan menggosok lembut area kulit yang memiliki bekas jerawat dengan scrub wajah atau exfoliating toner dengan kandungan glycolic acid yang dapat membantu mengangkat sisa-sisa sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda bekas jerawat. Pemakaian scrub disarankan jika jerawat Anda sudah benar-benar kering. Jika belum, penggunaan scrub dapat memicu jerawat semakin meradang.

Gunakan Produk Perawatan Khusus

Untuk kulit yang memiliki bekas jerawat, Anda bisa menggunakan pembersih wajah atau krim pelembap yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam retinoat. Untuk memudahkan Anda mendapatkan produk perawatan bekas jerawat yang tepat, Anda dapat mengunjungi EMC Aesthetic Center untuk berkonsultasi dengan dokter aesthetic. Dokter aesthetic EMC akan memberikan rekomendasi produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk kulit dengan bekas jerawat. Menggunakan produk perawatan dari hasil konsultasi dengan dokter tentunya akan lebih aman dan efektif karena sudah teruji klinis dan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Lakukan Peeling Treatment

Peeling merupakan teknik pengelupasan kulit untuk membuang bagian kulit terluar yang seringkali terlihat kusam dan penuh noda. Saat prosedur peeling dilakukan, ada bahan kimia yang diaplikasikan ke permukaan wajah untuk mengangkat kulit mati. Dengan begitu, kulit lama yang penuh bekas jerawat akan mengelupas dan digantikan oleh kulit baru yang lebih lembut, bersih, dan sehat. Bahan kimia yang digunakan akan diserap kulit hingga tingkat papiler, yaitu lapisan dermis paling atas, yang kemudian akan bekerja untuk memperbaiki kerusakan jaringan dan sel-sel kulit tanpa meninggalkan bekas luka atau kerusakan apa pun.

Prosedur peeling pun tidak membutuhkan waktu yang lama serta dapat memberikan hasil yang lebih cepat dalam menghilangkan bekas jerawat dibandingkan dengan teknik-teknik yang telah dibahas sebelumnya. Dengan begitu, teknik peeling juga sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit dengan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan tindakan peeling, Anda bisa langsung mengunjungi EMC Aesthetic Center. Dokter aesthetic EMC akan memeriksa kondisi kulit Anda serta mengidentifikasi karakter kulit Anda, mulai dari warna, kelembapan, hingga ketebalan kulit, untuk menentukan jenis peeling yang cocok untuk kulit Anda. Jangan tunda untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas dari bekas jerawat, karena kesehatan kulit adalah salah satu aset terbesar Anda. #LiveExcellently