Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Tahukah anda kalau kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang laki-laki di Indonesia?

Kanker paru adalah kondisi dimana sel-sel jaringan di paru tumbuh dengan luar biasa cepat dan menyebabkan tumor terbentuk. Menurut WHO, kanker paru-paru merupakan penyebab kematian akibat kanker yang terbanyak. Hal tersebut dikarenakan pentingnya fungsi paru-paru sebagai fungsi pernapasan dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Menurut data International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012, di Indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru pada pria dan sejumlah 9.374 pada wanita.

Beberapa ciri dan gejala kanker paru pada umumnya antara lain :

  1. Batuk yang tak kunjung sembuh. Batuk memang umum terjadi akibat demam atau tersedak. Namun jika setelah demam hilang dan batuk belum juga sembuh, sebaiknya periksakanlah ke dokter.
  2. Sesak Napas. Kesulitan bernapas ini diakibatkan tumor yang menghalangi saluran pernapasan atau cairan di sekitar paru meningkat sehingga menekan paru anda.
  3. Nyeri di Dada. Jenis kanker paru tertentu yang terjadi di bagian luar paru dan dinding dada dapat menyebabkan rasa sakit. Tidak hanya sakit di dada, namun juga pada bahu dan punggung.
  4. Suara berubah. Suara akan berubah menjadi serak saat demam atau saat baru bangun tidur. Biasanya suara juga akan cenderung menjadi lebih berat.
  5. Berat badan menurun. Penderita kanker paru sering mengalami kehilangan berat badan pada waktu yang singkat akibat sel kanker yang menggunakan semua energy dan nutrisi.
  6. Nyeri pada tulang. Kanker paru tahap lanjut menyebabkan nyeri pada tulang dan biasanya terpusat di bagian punggung, bahu, lengan, atau leher. Nyeri tersebut sering kali bertambah parah ketika beristirahat dan saat malam hari.
  7. Sakit kepala yang tak kunjung hilang. Rasa nyeri yang paling berbahaya dari kanker paru adalah sakit di kepala. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kanker telah menyebar dari paru hingga ke otak.

Jika anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, segeralah periksakan ke rumah sakit. Agar semakin cepat diketahui penyakit apa yang anda alami dan dapat langsung diberikan pengobatan yang tepat. Untuk anda yang sudah didiagnosis kanker paru oleh dokter, mulailah menjalani gaya hidup yang sehat. Seperti mulai berolahraga, mengkunsumsi makanan sehat, dan juga menghindari rokok.

*dirangkum dari berbagai sumber*