“Mata Adalah Jendela Dunia, Mari Jaga Kesehatan Jendela Dunia Kita” Tepat rasanya ungkapan tersebut untuk salah satu indra manusia tersebut, ya indra tersebut adalah Mata. Banyak orang yang menganggap sepele Kesehatan mata, sehingga dijaman sekarang banyak anak usia dini sudah menggunakan alat bantu baca (kacamata / kontak lens). Apakah kalian tahu Kesehatan mata tidak cukup hanya Vitamin A saja ? Yuk kita pelajari kesehatan mata kita.

Agar mata bisa terjaga kesehatannya, ada baiknya kita melakukan tips perawatan kesehatan mata berikut ini :

  1. Periksa mata setiap 12 bulan
    Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah , sebaiknya dihindari memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk anda karena dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.
  2. Kacamata anti-UV
    Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.
  3. Nutrisi untuk Mata
    Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.
  4. Penggunaan cahaya yang cukup
    Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya online pharmacy no prescription memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.
  5. Istirahatkan mata Anda
    Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.
  6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
    Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata.
  7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
    Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.
  8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan
    Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.
  9. Gunakan filter monitor.
    Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.
  10. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer.
    Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

Adapun penyakit – penyakit yang diderita pada mata antara lain :

  1. Konjungtivitis
  2. Mata Kering
  3. Gangguan Retina
  4. Mata Buram
  5. Kelainan Kornea
  6. Katarak

RS EMC Tangerang sendiri dapat mengatasi beberapa penyakit pada mata dan khususnya penyakit katarak. Penyakit katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Penyakit mata ini membuat lensa mata terlihat keruh sehingga pandangan menjadi kabur. Katarak kebanyakan diderita oleh orang berusia 60 tahun ke atas. Namun pada beberapa kasus, katarak dapat terjadi pada usia yang lebih muda, bahkan pada bayi baru lahir.

Selain karena penuaan yang membuat protein di lensa mata menggumpal, katarak juga bisa disebabkan oleh penyakit keturunan seperti diabetes, cedera pada mata, paparan sinar UV, kebiasaan merokok, dan efek samping obat tertentu, seperti kortikosteroid dan terapi radiasi. Jika sudah mengganggu penglihatan, katarak bisa ditangani dengan operasi katarak.

RS EMC Tangerang memiliki paket operasi katarak, seharga Rp 13.000.000,- / mata dan dilakukan oleh Dokter Spesialis yang ahli dibidangnya.

Artikel di review oleh dr. Fadjar SN. Soebali, Sp.M (Dokter Spesialis Mata RS EMC Tangerang).