Wasir (hemorrhoid) atau ambeien merupakan penyakit yang muncul akibat terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah balik di area sekitar anus. Penyebab ambeien sangat beragam, namun umumnya terjadi akibat adanya tekanan besar.

Ambeien memang tidak menyebabkan kematian dan pada stadium ringan bisa sembuh dengan sendirinya, namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas penderita karena terasa sangat menyakitan. Penyakit ambeien sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa. Namun, dibandingkan dengan pria, faktanya wanita lebih berisiko tinggi terkena ambeien.

Mengapa wanita lebih berisiko tinggi terkena ambeien?

Wanita lebih berisiko tinggi menderita ambeien karena sering mengalami pelebaran pembuluh darah saat menstruasi. Tak hanya itu, ambeien sering kali muncul selama masa kehamilan dan atau setelah persalinan. Saat hamil, bayi dan rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di area panggul. Sedangkan, pada saat melahirkan atau pasca melahirkan, ambeien pada wanita bisa muncul akibat mengejan terlalu keras saat persalinan.

Apa saja jenis dan gejala ambeien?

Berdasarkan lokasi dan gejalanya, ambeien dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Ambeien dalam (internal hemorrhoid)

Disebut ambeien dalam karena pembengkakan terjadi di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Benjolan mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Ambeien dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya dan termasuk ke dalam jenis ambeien ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. Gejala ambeien dalam di antara lain adalah gatal dan nyeri pada anus. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika ambeien dalam menjadi semakin besar.

  1. Ambeien luar (external hemorrhoid)

Pada ambeien luar, lokasi pembengkakannya terjadi di luar rektum atau lebih tepatnya di sekitar lubang anus. Gejala ambeien luar di antaranya:

  • Rasa perih dan panas di sekitar anus
  • Gatal pada anus
  • Adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar anus
  • BAB berdarah

Dari gejalanya, ambeien luar terasa lebih nyeri dan sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di bawah kulit sekitar anus yang memiliki lebih banyak saraf.

Bagaimana cara mencegah ambeien pada wanita?

  • Lakukan senam kegel (senam yang berfokus pada otot panggul bawah)
  • Hindari mengejan terlalu kuat saat BAB
  • Jangan menunda BAB
  • Kurangi konsumsi makanan pedas dan berlemak
  • Tidur yang cukup
  • Aktif bergerak atau rajin berolahraga
  • Jangan duduk/berdiri terlalu lama
  • Hindari mengangkat beban berat terlalu sering
  • Perbanyak konsumsi serat, air mineral, dan probiotik

Kapan harus ke dokter?

Selain melakukan beberapa pencegahan di atas, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri, obat pencahar, atau obat yang dimasukkan ke dalam dubur untuk meringankan keluhan ambeien.

Pada umumnya, dokter akan menganjurkan para penderita ambeien luar yang sudah mengalami keluhan parah, penderita ambeien dalam stadium 3 dan 4, atau penderita ambeien yang mengalami perdarahan hebat untuk segera melakukan operasi. Meskipun begitu, Anda diharapkan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter jika mengalami BAB berdarah pada ambeien stadium ringan, terlebih untuk wanita yang mengalami ambeien sebelum dan saat hamil. Selalu beri perhatian ekstra untuk kesehatan tubuh Anda dan lakukan pengecekan secara berkala demi kualitas hidup yang lebih baik. #LiveExcellently

Artikel ditulis oleh dr. Wendell Ken, SpB (Dokter Spesialis Bedah Umum RS EMC Sentul).