Apakah PCOS Bisa Disembuhkan? Berikut Penjelasannya

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) adalah kondisi kesehatan hormonal yang mempengaruhi wanita pada usia subur. PCOS dapat memunculkan berbagai gejala, termasuk ketidakseimbangan hormon, siklus menstruasi tidak teratur, dan masalah kesehatan lainnya. Pertanyaan umum yang sering diajukan adalah apakah PCOS bisa disembuhkan? Artikel ini akan membahas fakta seputar PCOS dan merinci berbagai pendekatan pengobatan yang ada.

Mengenal PCOS

PCOS adalah kondisi di mana ovarium menghasilkan jumlah hormon pria (androgen) yang lebih tinggi dari normal. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti ketidakseimbangan hormon, pertumbuhan folikel yang tidak normal, dan gangguan ovulasi. Gejala PCOS termasuk ketidakseimbangan hormon, gangguan menstruasi, pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan masalah kesuburan. Terdapat beberapa penyebab PCOS yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Faktor genetik
    PCOS adalah penyakit yang bisa menurun dalam keluarga, sehingga seseorang yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang mengidap sindrom ini juga memiliki kemungkinan untuk mengalaminya juga. Jika ada riwayat PCOS dalam keluarga, risiko seseorang untuk mengembangkan kondisi ini dapat meningkat.
  • Resistensi terhadap insulin
    Hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh untuk digunakan sebagai energi dikenal sebagai insulin. Banyak wanita dengan PCOS mengalami resistensi insulin, yang berarti tubuh mereka tidak dapat menggunakan hormon ini dengan baik. Akibatnya, kadar insulin menumpuk di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kadar androgen yang lebih tinggi.
  • Adanya gangguan keseimbangan hormon
    Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan PCOS pada wanita. Ketidakseimbangan hormon termasuk peningkatan kadar hormon luteinising, peningkatan kadar globulin pengikat hormon seks, dan peningkatan kadar prolaktin.

Sindrom Polikistik Ovarium dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan tubuh jika tidak ditangani dengan benar. Apa saja dampak PCOS?

  • Kemandulan
  • Diabetes mellitus tipe 2
  • Sleep apnea
  • Depresi dan gangguan cemas
  • Perdarahan rahim abnormal
  • Kanker endometrium

Bisakah PCOS Disembuhkan?

Meskipun belum ada obat yang menyembuhkan PCOS sepenuhnya, kondisi ini dapat dikelola dengan baik melalui perubahan gaya hidup dan pengobatan. Beberapa pendekatan yang dapat membantu mengatasi gejala PCOS meliputi:

  1. Perubahan gaya hidup
    Perubahan gaya hidup dengan menjaga berat badan sehat, mengadopsi pola makan seimbang, dan rutin berolahraga dapat membantu mengelola gejala PCOS.

  2. Obat-obatan
    Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi hormonal untuk mengatur siklus menstruasi atau metformin untuk mengatasi resistensi insulin, dapat membantu mengelola gejala PCOS. Obat-obatan lain, seperti Clomifene, Letrozole, dan Metformin, juga bisa menormalkan kembali siklus haid dan membantu ovulasi. Tentu saja penggunaan obat-obatan ini wajib dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani.

  3. Pembedahan
    Selain itu, pengelolaan PCOS dapat dilakukan melalui prosedur medis lainnya yaitu pembedahan, dimana operasi dilakukan dengan cara laparoscopic ovarian drilling. Ketika pengobatan lain tidak memberikan hasil yang baik, dokter biasanya akan melakukan prosedur ini. Pembedahan kecil juga termasuk dalam jenis bedah ini. Dokter akan memasukkan alat yang disebut laparoskop ke dalam perut pasien dengan membuat sayatan kecil di bagian bawahnya selama anestesi umum. Selanjutnya, jaringan di ovarium yang menghasilkan hormon androgen dikeluarkan melalui pembedahan dengan menggunakan panas atau laser. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan mengembalikan fungsi ovarium ke kondisi normal.

PCOS dapat dikelola dengan baik melalui perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan tindakan medis lainnya. Pendekatan holistik yang mencakup aspek-aspek kesehatan fisik dan mental dapat membantu wanita dengan PCOS menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Konsultasikan dengan dokter untuk merancang rencana pengelolaan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Artikel ditulis oleh dr. Dian Burhansah, Sp.OG, M.Kes, FMAS, FICS (Spesialis Kebidanan Kandungan RS EMC Pekayon).