Rayakan HUT ke-10, RS EMC Sentul Gelar Operasi Katarak Gratis

Sebagai rangkaian acara hari ulang tahun RS EMC Sentul ke-10, Rumah Sakit EMC Sentul menggelar bakti sosial dalam bentuk operasi mata katarak.

Terdapat 60 orang yang mendaftar operasi mata katarak dan mengikuti Screening, namun tidak semua lulus seleksi. Direktur RS EMC Sentul, dr. G.A. Kusmiati, MARS, FISQua mengungkapkan bahwa operasi katarak gratis ditujukan untuk masyarakat desa Citaringgul, kecamatan Babakan Madang. Adapun Tujuan RS EMC Sentul dalam melakukan bakti sosial adalah agar keberadaan RS EMC Sentul dapat memberikan manfaat bagi sekitar. Dari 20 pasien yang ditargetkan, sejumlah 14 pasien lulus seleksi.

Selain masyarakat desa Citaringgul, terdapat pasien dari Kota Bogor yang mengikuti operasi katarak untuk mengisi kuota peserta yang tidak lulus seleksi atau screening. Dokter yang terlibat untuk operasi mata katarak adalah seluruh Dokter Spesialis mata RS EMC Sentul. Operasi katarak yang diselenggarakan RS EMC Sentul memiliki tujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan agar mereka dapat kembali melihat warna dunia dengan jelas.

  1. G.A. Kusmiati, MARS, FISQua mengatakan, kegiatan bakti sosial tidak berhenti di sini. “Sebelumnya juga RS EMC Sentul sudah rutin melakukan bakti sosial operasi katarak, bibir sumbing, Hernia yang diadakan setahun dua kali. Namun saat ini kegiatan tersebut diselenggarakan bergiliran di RS EMC Healthcare lainnya. Kegiatan operasi katarak kali ini, murni diadakan oleh EMC Sentul, sebagai bakti kami untuk masyarakat sekitar RS,” terang Direktur.

Direktur memastikan, para pasien akan dikontrol sampai masa pemulihan. “Pasien sudah terseleksi dari tanggal 1, 2, 3, 4. Ada 60 masyarakat yang mendaftar namun dari hasil screening hanya 14 yang memenuhi kriteria untuk dilakukan operasi katarak hari ini. Hari ini operasi katarak, besok pasien kontrol. Selanjutnya pasien yang tempat tinggalnya jauh dr RS EMC Sentul, silakan kontrol ke pusat layanan kesehatan terdekat, kami akan bekali surat pengantarnya,” ungkap beliau.

Selain operasi katarak, RS EMC Sentul juga telah melaksanakan donor darah. Kegiatan Donor darah diperuntukkan bagi karyawan dan juga masyarakat. Kegiatan ini mengundang antusiasme yang sangat tinggi dari karyawan dan masyarakat sekitar.  Seiring bertambahnya usia, RS EMC Sentul terus berinergi dalam berkontribusi melayani masyarakat. Getting stronger, reaching higher !