Menjalani ibadah puasa Ramadan di masa pandemi tentu menjadi sebuah tantangan bagi para muslim di Indonesia, apalagi tahun ini akan menjadi tahun kedua orang-orang berpuasa di tengah berlangsungnya masa pandemi. Oleh karena itu, Anda harus ekstra berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Pastikan kebutuhan gizi Anda terpenuhi untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi asupan gizi seimbang dan memperkuat imunitas saat berpuasa? Simak 7 tips berikut ini!

  1. Minum cukup air putih
    Pastikan asupan air putih Anda cukup sepanjang hari dgn membagi jadwal minum, contoh: minum 1 gelas (300 ml)  air: setelah bangun sahur, setelah makan sahur, saat adzan maghrib, setelah salat magrib, setelah buka puasa, sebelum salat isya, setelah tarawih, dan sebelum tidur.
  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
    Untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari, konsumsi makanan tinggi gizi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, protein, karbohidrat, dan minyak sehat. Dalam satu kali makan, usahakan untuk menghitung porsi sebagai berikut: ½ bagian dari piring terdiri dari sayur dan buah-buahan, ¼ bagian dari piring diisi dengan protein (ikan, ayam, atau kacang-kacangan), ¼ bagian dari piring lainnya berisi karbohidrat (gandum, nasi, pasta, ubi), dan terakhir, lengkapi dengan sedikit minyak sehat (minyak jagung, minyak kedelai, minyak zaitun, atau minyak kanola).
  1. Perhatikan porsi makan
    Waktu makan selama berpuasa terbagi menjadi dua, yaitu saat sahur dan buka puasa. Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak pada dua waktu makan tersebut. Alangkah baiknya jika Anda makan dengan porsi yang sedikit, namun dibagi sebanyak empat kali dengan waktu dan presentase berikut: makan sahur sebanyak 40%, berbuka 10%, usai salat maghrib 40%, dan setelah salat tarawih 10%. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda tidak kaget saat menerima makanan yang masuk. 
  1. Rutin olahraga ringan
    Selain menjaga asupan gizi seimbang, Anda juga dianjurkan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan berolahraga ringan. Kegiatan yang dapat dilakukan bermacam-macam, di antaranya membersihkan rumah selama 30 menit, senam, yoga, ataupun berjalan kaki. 
  1. Tidur cukup
    Kurang tidur akan berpengaruh pada produksi insulin di dalam tubuh dan bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Idealnya, Anda membutuhkan waktu 8 jam untuk beristirahat dalam sehari. Menjadwalkan tidur secara teratur amat penting dilakukan karena jadwal tidur dapat berubah secara drastis saat berpuasa. Dengan begitu, waktu beristirahat akan menjadi lebih berkualitas. 
  1. Kelola stress
    Tak hanya saat berpuasa di masa pandemi, pengelolaan stres memang pada faktanya sangat penting dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Cara untuk mengelola stres saat berpuasa adalah dengan tidur cukup, aktif bergerak, tetap menjalani hobi, serta melakukan relaksasi.
  1. Kenali kondisi tubuh dengan benar
    Agar tubuh tetap bugar selama menjalani puasa saat pandemi, jangan lupa untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh Anda. Jika Anda mempunyai riwayat penyakit, segera lakukan konsultasi ke dokter agar bisa menjalani puasa dengan aman dan nyaman.

Itulah 7 tips menjalani puasa di masa pandemi ini. Dengan memperhatikan asupan gizi dan memperkuat imunitas tubuh, Anda diharapkan mampu beribadah puasa dengan lancar hingga bulan Ramadan berakhir. Mari jalani ibadah puasa dengan kondisi tubuh yang sehat, kuat, dan penuh semangat di tahun ini. #LiveExcellently

Artikel ditulis oleh dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik RS EMC Tangerang).