Pernah merasakan mata lelah setelah bekerja di depan layar komputer? Atau Anda pernah merasakan pandangan kabur setelah scrolling atau bermain game melalui smartphone? Bila Anda pernah merasakan hal-hal tersebut, mungkin Anda terlalu lama menatap layar gadget. Terlalu sering menggunakan gadget membuat mata Anda terpaksa bekerja lebih keras sehingga otot-otot mata menegang, menjadi lelah, terlihat kemerahan, iritasi, bahkan pandangan menjadi tidak fokus.

Untuk merawat kesehatan mata, bukan berarti Anda harus sama sekali berhenti menggunakan gadget. Tidak bisa dipungkiri, banyak hal sehari-hari yang bisa dilakukan melalui gadget, mulai dari sekadar mencari hiburan, berbelanja, berkomunikasi, hingga menyelesaikan pekerjaan, semuanya dapat dilakukan hanya menggunakan satu perangkat gadget andalan Anda. Untuk itu, yuk kita cari tahu cara untuk menjaga mata tetap sehat meski sering menggunakan gadget.

Tips bagi pengguna komputer dan laptop

Jika Anda menatap layar komputer atau laptop untuk bekerja, sebetulnya Anda tidak perlu khawatir dengan radiasi. Layar komputer dan laptop Anda tidak memancarkan radiasi yang berbahaya bagi mata. Anda juga tidak perlu memasang filter ultraviolet pada layar. Sebaliknya, yang perlu Anda perhatikan adalah pengaturan posisi monitor, cahaya monitor, dan penerangan ruangan tempat Anda bekerja.

Untuk posisi, Anda bisa mengatur agar jarak antara layar dan mata Anda sekitar 50 – 60 cm. Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer dan laptop adalah dengan mengatur cahaya monitor agar tidak terlalu terang atau terlalu redup. Selain itu, penerangan di ruang kerja Anda juga penting. Pastikan terdapat penerang ruangan atau lampu di atas layar atau kepala Anda. Bila mata terasa lelah, ambil waktu untuk mengistirahatkan mata. Anda bisa memakai metode 20–20–20, yaitu dengan menjauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit sekali, tataplah ke kejauhan dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Biarkan mata istirahat sepenuhnya. Jangan beralih dari layar komputer ke layar smartphone.

Tips bagi para gamers

Terlalu lama dan sering bermain game menggunakan smartphone membuat mata menjadi lelah, pandangan kabur, hingga memperbesar risiko rabun jauh. Alasannya, saat bermain game, mata Anda jarang berkedip dan berusaha untuk terus fokus mengikuti objek dalam layar. Akibatnya, mata Anda bisa mengalami kesulitan untuk fokus pada obyek lain di luar layar smartphone Anda.

Sebagai usaha agar mata tetap sehat, pastikan Anda berada di tempat yang terang saat bermain games. Selain itu, usahakan untuk sering berkedip untuk menjaga kelembapan mata. Sama dengan pengguna komputer, Anda dapat mempraktikkan metode 20–20–20 untuk relaksasi mata.

Tips bagi pengguna media sosial

Membaca timeline, scrolling, chatting, dan browsing memang kegiatan yang seru untuk mengisi waktu luang. Bahkan bagi sebagian orang, kegiatan dengan smartphone sudah menjadi rutinitas karena berkaitan dengan karier dan pekerjaan. Namun, kegiatan tersebut membuat mata Anda mudah lelah. Mata dipaksa untuk melihat melalui layar yang kecil dalam jangka waktu yang lama. Karena ukuran layar yang kecil, tanpa sadar Anda sering mendekatkan layar dengan mata agar dapat melihat dengan lebih jelas.

Jika Anda terpaksa mengakses media sosial dalam waktu lama untuk tuntutan pekerjaan, terdapat beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar mata tetap sehat. Atur cahaya dari layar agar tidak terlalu redup atau terlalu terang. Anda juga dapat memperbesar ukuran tulisan atau font pada gadget agar lebih mudah dibaca dari jarak 30–40 cm. Usaha ini dilakukan agar Anda tidak terdorong untuk mendekatkan layar dengan mata. Hal lain yang penting adalah mengistirahatkan mata sepenuhnya dari layar setelah selesai menggunakan smartphone.

Nah, itulah tips yang dapat Anda praktikkan sesuai dengan kebiasaan menggunakan gadget. Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan berkonsultasi dengan dokter mata secara berkala. Yuk, jaga kesehatan mata mulai dari sekarang! #LiveExcellently