Belakangan ini, olahraga tengah menjadi tren di tengah masyarakat Indonesia. Berbagai komunitas olahraga mulai muncul, mulai dari komunitas lari hingga zumba. Tren ini sepertinya tidak lepas dari euforia Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Semenjak itu, gaya hidup aktif berolahraga semakin besar gaungnya. Terlebih lagi 9 September ini, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Masyarakat semakin terdorong untuk melakukan kegiatan fisik dan meningkatkan sportivitas.

Namun, meski olahraga begitu menyehatkan dan sudah menjadi tren di masyarakat, tidak bisa dipungkiri bahwa cukup sulit untuk menjaga konsistensi dalam berolahraga. Berbagai kesibukan sehari-hari membuat Anda memiliki waktu yang sedikit untuk berolahraga. Pilihan untuk berolahraga hanya saat akhir pekan pun menjadi alternatif. Padahal, olahraga di akhir pekan saja tidak cukup bagi tubuh untuk merasakan manfaatnya.

Agar tubuh tetap sehat, Anda perlu berolahraga dengan rutin setiap hari selama 30 menit. Dengan rutin berolahraga, Anda akan mulai merasakan perubahan positif pada tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang dapat Anda rasakan setelah berolahraga dengan rutin.

Menurunkan berat badan

Bila dilakukan dengan rutin, olahraga dengan intensitas tinggi seperti kardio dapat membakar lemak dan mencegah naiknya berat badan. Saat Anda sudah mencapai berat badan yang ideal, rutin berolahraga dengan intensitas tinggi juga membantu menjaga badan Anda tetap proporsional.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung Anda bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh, menyalurkan oksigen dan nutrisi, serta membuang sampah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Saat Anda berolahraga, denyut jantung menjadi meningkat. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya aliran darah yang mengandung oksigen. Akibatnya, jantung menjadi terbantu untuk menyalurkan darah dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Mengurangi stres

Kegiatan fisik, termasuk olahraga bisa meningkatkan zat norepinefrin dalam tubuh. Zat ini bersifat antidepresan. Artinya, zat ini membuat otak lebih kebal terhadap kondisi stres. Selain itu, rutin berolahraga juga meningkatkan hormon serotonin dan endorfin yang disebut juga dengan hormon bahagia. Hormon ini membuat tubuh merasa lebih rileks dan tenang.

Mencegah diabetes

Jika Anda menderita diabetes, Anda disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi normal tubuh agar semua sistem bekerja dengan baik. Olahraga juga membuat tubuh perlu menggunakan energi ekstra. Akibatnya, tubuh menyerap dan menggunakan glukosa sehingga kadar gula darah tubuh menjadi berkurang.

Mempertajam daya ingat

Olahraga berhubungan juga dengan fungsi otak. Melakukan gerakan olahraga tertentu selama 30 menit secara rutin dapat meningkatkan produksi sel di area hippocampus yang terletak di otak. Hippocampus bertanggung jawab untuk fungsi memori pada otak. Untuk jangka panjang, Anda dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia.

Bila tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, Anda dapat melakukan olahraga di rumah, di taman, atau di sekitar tempat tinggal Anda. Beragam pilihan olahraga dapat menjadi pilihan, di antaranya lompat tali, berlari, jalan cepat, dan aerobik dengan mengikuti gerakan dari video yang banyak beredar di internet. Untuk mencegah kebosanan, Anda bisa sambil mendengarkan musik, podcast, atau mengajak orang terdekat untuk berolahraga bersama untuk menambah motivasi dan membuat suasana berolahraga menjadi lebiih menyenangkan.

Nah, itulah berbagai manfaat olahraga rutin selama 30 menit setiap hari. Di Hari Olahraga Nasional ini, yuk mulai mengambil komitmen untuk rutin berolahraga. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan nutrisi yang cukup agar tenaga Anda kembali pulih setelah berolahraga. #LiveExcellently