Sebagian besar ibu hamil merasa cemas saat mendekati Hari Perkiraan Lahir yang diharapkan (HPL). Terutama ketika memiliki indikasi medis untuk operasi SC. Kebanyakan ibu hamil yang direncanakan menjalani operasi SC tersebut merasa cemas dan takut, karena “menurut cerita yang beredar” masa pemulihan operasi SC lebih lama dari persalinan normal. Kalau anda termasuk ibu hamil yang harus menjalani operasi SC, jangan khawatir! Sekarang operasi SC dikembangkan menggunakan konsep Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS), yang memungkinkan proses kelahiran lebih nyaman dengan minim rasa nyeri dan pemulihan lebih cepat daripada operasi SC biasa!

Apa itu metode persalinan ERACS?

Konsep ERACS merupakan pengembangan dari konsep Enhanced Recovery After Surgery (ERAS), dimana konsep ERAS ini awalnya digunakan pada operasi bedah digestif. Konsep ERAS ini terbukti mengurangi lama rawat pasien di rumah sakit, mengurangi komplikasi pasca operatif, dan meningkatkan kepuasan pasien. Oleh karena itu konsep ERAS ini kemudian dikembangkan untuk tindakan operasi di bidang lain salah satunya di bagian kebidanan.

SC adalah salah satu tindakan operasi di bagian kebidanan (obstetri) yang paling umum dilakukan. Operasi SC ini sifatnya unik, kalau operasi lain lebih banyak dilakukan untuk mengobati penyakit, operasi SC lebih banyak mengandung makna kebahagiaan karena sang ibu akan bertemu dengan buah hati yang sudah ditunggu selama 9 bulan. Oleh karena itu, pengalaman melahirkan merupakan momen yang tidak terlupakan. Konsep ERACS mewujudkan impian para ibu hamil, karena selain nyaman dan minim rasa nyeri, konsep ini juga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat sehingga Bunda bisa menyusui bayinya dengan posisi yang nyaman, bonding dengan bayi juga menjadi lebih baik, Bunda bisa mengerjakan aktivitas kesehariannya dengan lebih cepat, dan bisa pulang ke rumah dalam rentang waktu yang lebih singkat.

EMC Hospital mengembangkan teknologi Enhanced Recovery After Cesarean Section and Gynecological Surgery (ERACGS), yang menjadi salah satu layanan unggulan di Departemen Obstetri dan Ginekologi EMC.

Apa saja rangkaian prosedur ERACS?

  • Dua jam sebelum operasi, pasien akan diberikan minuman yang mengandung gula sebagai sumber energi pada saat menjalani prosedur. Selain itu, sebelum dilakukan prosedur, akan dilakukan evaluasi perioperatif oleh dokter spesialis penanggung jawab.
  • Dokter anestesi berperan melakukan penilaian praoperatif, memilih jenis anestesi yang paling sesuai dan mempercepat pemulihan pasien, serta melakukan anestesi dengan jarum spinal dengan ukuran yang sangat kecil dan memastikan pasien tidak merasa nyeri saat pembiusan, selama dan setelah operasi.
  • Dokter kandungan melakukan operasi dengan teknik yang optimal sehingga operasi berlangsung tidak terlalu lama dan nyaman
  • Dokter anestesi juga mengawasi dan memastikan pasca operasi yang nyaman, minim rasa nyeri, proses mobilisasi yang lebih cepat, tanpa komplikasi, dan durasi rawat inap rumah sakit yang lebih singkat.

Apa saja kelebihan menggunakan metode persalinan ERACS?

  • Melahirkan dengan nyaman
  • Rasa sakit dan nyeri persalinan sangat minimal
  • Pemulihan cepat
  • 4 jam pasca operasi sudah bisa beraktivitas
  • Pasien bisa langsung diberikan nutrisi pasca operasi
  • Lama perawatan di RS menjadi lebih singkat

Itulah hal-hal yang perlu diketahui seputar ERACS, sebuah konsep persalinan SC dengan minim rasa sakit dan masa pemulihan yang lebih cepat. Karena kelebihan metode ERACS tersebut, Ibu bisa melahirkan sang buah hati dengan rasa nyaman dan aman.

Artikel di review oleh dr. Ruswantriani, Sp.OG (Spesialis Kebidanan Kandungan RS EMC Sentul) dan dr. Dian Kesumarini, Sp.An (Spesialis Anestesi RS EMC Sentul).