Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Setiap orang pasti memiliki sepasang ginjal yang harus dijaga karena berbagai macam fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena itu, kita harus mengerti apa saja fungsi ginjal, serta bagaimana cara merawat ginjal agar terhindar dari berbagai penyakit.

Letak dari ginjal berada di sepanjang dinding otot bagian belakang (otot posterior) rongga perut. Bentuknya mirip dengan kacang yang ukurannya sebesar kepalan tangan, dengan panjang sekitar 12 cm dan lebar 6 cm, serta mengandung sekitar satu juta nefron (saringan darah yang sangat kecil).

Fungsi utama dari ginjal yaitu untuk menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam tubuh, baik berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun. Ginjal juga bekerja menyaring 200 liter darah setiap hari, dan mengeluarkan 2 liter zat buangan melalui urine. Karena itu, ginjal dilengkapi dengan sepasang ureter, sebuah kandung kemih, dan uretra yang akan membawa urine keluar dari tubuh.

Tidak hanya menyaring darah, namun berikut fungsi ginjal lainnya :

  • Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh
  • Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah
  • Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah
  • Menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit
  • Menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D

Tidak hanya membuang zat-zat sisa saja, namun ginjal juga menyerap kembali zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti gula, asam amino, kalium, natrium, dan nutrisi lainnya. Fungsi tersebut dipengaruhi juga oleh kelenjar adrenal yang terletak di bagian atas masing-masing ginjal.            

Kelenjar adrenal menghasilkan hormon aldosteron dan berfungsi untuk menyerap kalium dari urine ke pembuluh darah agar bisa dimanfaatkan kembali oleh tubuh. Ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan hormon-hormon yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:

  • Eritropoietin (EPO) : berfungsi untuk merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.
  • Renin : berfungsi untuk mengatur tekanan darah.
  • Kalsitriol : bentuk aktif vitamin D yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Kita harus memperhatikan kesehatan kedua ginjal yang kita miliki karena begitu banyak fungsi nya yang tidak boleh kita abaikan. Cara untuk menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan lebih banyak konsumsi buah dan sayuran, menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, minum air putih yang cukup, dan juga rutin memeriksakan diri ke rumah sakit agar dapat terdeteksi dini bila ada gangguan terhadap fungsi ginjal.

*dirangkum dari berbagai sumber*