Pada tahun belakangan ini seiring dengan kemajuan teknologi optik di bidang bedah saraf, telah berkembang teknik operasi neuroendoscopy. Neuroendoscopy adalah suatu prosedur operasi bersifat minimal invasif yang dapat masuk kedalam struktur otak dan tervisualisasi dengan jelas sehingga dapat menangani lesi yang ada.

Teknik neuroendoscopy menjadi lebih populer dikarenakan prosedur ini lebih minimal retraksi struktur otak disekitarnya dalam mencapai suatu lesi, dapat menjangkau lesi yang cukup dalam, periode waktu operasi dan masa rawat yang lebih singkat, sayatan yang minimal sehingga dari segi kosmetik lebih baik, menurunkan angka infeksi, potensi kehilangan darah dan nyeri paska operasi lebih minimal.

Gambaran CT-Scan sebelum dan sesudah dilakukan operasi.

Instrumentasi yang dibutuhkan selain Endoscope dan sayatan minimal.

Metode teknik operasi Neuroendoscopy Stroke Perdarahan.

Aneurisma merupakan suatu dilatasi abnormal dinding pembuluh darah, biasanya pada arteri, bisa dikarenakan kelainan, penyakit, ataupun injury. Umumnya terjadi pada usia 40 – 60 tahun dan meningkat pada usia 55 – 65 tahun. Sering ditemukan tunggal, tetapi sekitar 18 % kasus ditemukan multiple.

Gambaran lokasi aneurysma dan operasi clipping aneurysma.

Arteriovenous Malformation (AVMs) merupakan suatu kelainan kongenital dimana terdapat hubungan antara pembuluh darah arteri dengan vena yang dilatasi dan membentuk suatu massa anyaman serta tidak menginvasi pada parenkim otak.

Lesi massa AVMs tampak seperti anyaman pembuluh darah yang kusut dengan sentrasi massa dengan batas yang cukup tegas (nidus), terdapat aliran ‘red veins’ (vena yang mengandung darah yang teroksigenasi) serta dilengkapi oleh sumber alirannya (feeder).

Gambaran kelainan anatomi AVMs.

Gambaran posisi saat operasi dan anatomi AVMs.

Kesimpulan :

  • Stroke adalah pembunuh no.1, kenalilah gejalanya dan kendalikanlah faktor resikonya serta lakukan screening berkala.
  • Your old as Your vascular.
  • Penanganan terkini Minimally Invasive Neuroendoscopy Stroke Perdarahan mempunyai banyak keuntungan dibanding teknik operasi konvensional.
  • Apabila terkena serangan Stroke segera lakukan penanganan yang tepat dan cepat.

Artikel ditulis oleh dr. Syafrizal Abubakar, Sp.BS (Dokter Spesialis Bedah Saraf di Rumah Sakit EMC Sentul).