Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang cukup ditakuti karena merupakan jenis kanker yang paling sering dialami wanita. Menurut WHO (World Health Organization), kanker serviks dialami oleh lebih dari satu juta wanita di dunia.

Kanker serviks terjadi ketika terdapat sel-sel di leher rahim (serviks) yang tidak normal dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Leher rahim merupakan organ yang berbentuk seperti tabung silinder yang menghubungkan vagina dengan rahim perempuan. Sel-sel abnormal tersebut akan menimbulkan tumor pada serviks, kemudian tumor yang ganas nantinya akan menjadi penyebab kanker servis.

Sel abnormal tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang menyerang leher rahim. Seorang wanita yang terserang virus HPV tidak langsung menderita kanker serviks. Karena sistem kekebalan tubuh setiap manusia berusaha untuk melawan virus ini. Namun virus tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun dalam tubuh wanita, berkembang, dan menyebabkan sel-sel pada dinding serviks berubah menjadi sel kanker.

Berikut adalah gejala umum pada penderita kanker serviks :

  1. Sakit pada bagian panggul : Jangan menganggap remeh rasa nyeri di area panggul anda. Kalau ketika anda berhubungan seks dengan pasangan, dan merasakan nyeri panggul yang tidak biasa, maka bisa jadi itu merupakan gejala kanker serviks stadium awal.
  2. Keluar darah dari vagina : ketika tidak dalam masa haid, tetapi anda tiba-tiba mengeluarkan darah atau bercak darah dari vagina.
  3. Sulit untuk buang air besar : perhatikan kapan terakhir anda buang air besar, dan bila dalam beberapa hari belakangan anda sulit untuk buang air besar, maka bisa jadi ini adalah salah satu gejala awal kanker serviks. Karena benjolan kanker dapat menekan usus dan membuat sulit untuk buang air besar.
  4. Keputihan yang tidak normal : Ketika keputihan yang dikeluarkan vagina tidak seperti biasanya, seperti berbau menyengat misalnya. Hal tersebut menandakan suatu gangguan kesehatan.
  5. Kelelahan yang berlebihan : kelelahan berlebihan dikarenakan sel-sel kanker mulai tumbuh sedikit demi sedikit mengambil energi dan cadangan makanan, sehingga menyebabkan tubuh cepat lelah.

Gejala tersebut merupakan gejala awal kanker serviks dan sebaiknya anda segera periksakan ke rumah sakit yang terpercaya. Untuk mencegah munculnya gejala kanker serviks, anda dapat melakukan pap smear secara berkala dan vaksinasi HPV. Bila kanker serviks ditemukan sejak awal, maka kemungkinan untuk penyembuhan akan semakin tinggi juga.

*dirangkum dari berbagai sumber*