Nyeri pada tumit kaki di pagi hari saat bangun tidur atau saat berjalan kaki tentu sangat mengganggu aktivitas rutin sehari-hari dan mengurangi kualitas hidup penderitanya. Sebaiknya, rasa nyeri pada tumit yang sering muncul ini jangan disepelekan. Mungkin saja gejala tersebut merupakan salah satu indikasi dari plantar fasciitis atau peradangan pada ligament. Plantar fasciitis ini bisa dianggap sebagai penyebab nyeri tumit yang paling umum.

Lalu, apa sebenarnya plantar fasciitis? Plantar fasciitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang jaringan di bagian bawah kaki yang menghubungkan tumit ke seluruh jari kaki yang disebut plantar fascia. Ketika jaringan tersebut mengalami peradangan, maka akan menimbulkan gejala nyeri pada area tumit. Nah, agar tumit Anda selalu sehat dan terhindar dari kondisi plantar fasciitis, Anda perlu melakukan gaya hidup sehat juga aktivitas yang tidak memberikan beban berlebihan pada kaki Anda.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Nyeri Tumit?

Untuk mencegah timbulnya nyeri tumit, jagalah kondisi plantar fascia (jaringan tebal yang terbentang dari tulang tumit hingga ke area jari) agar tetap sehat. Caranya, pilihlah sepatu yang pas dengan kaki, memiliki alas penunjang yang terpasang di dasar sepatu serta dilengkapi pelindung tumit (heel counter) yang kukuh sehingga bisa memberikan tumpuan yang baik. Semakin baik bentuk sepatu Anda dalam menopang kaki, maka semakin terjaga kesehatan plantar fascia Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengganti sol sepatu yang sudah rusak atau aus. Sol sepatu yang aus bisa menyebabkan pelindung tumit kehilangan sebagian tumpuannya sehingga langkah kaki menjadi tidak rata yang cenderung akan membuat tumit sakit.

Lalu, jika Anda gemar berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan bisa mencegah betis kaku saat atau setelah olahraga. Kondisi betis kaku tersebut merupakan salah satu pemicu nyeri tumit. Jadi, ada baiknya Anda selalu melakukan peregangan sebelum juga setelah melakukan olahraga, khususnya peregangan di area kaki.

Yang terakhir, cobalah untuk menghindari aktivitas berdiri atau berjalan di atas permukaan yang keras secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Selalu usahakan untuk memberi jeda dalam aktivitas Anda untuk mengistirahatkan area kaki.

Bagaimana Penanganannya Jika Nyeri Tumit Sudah Terjadi?

Jika nyeri tumit menyerang Anda, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian tumit yang sakit dengan es. Anda juga dapat melakukan pengompresan bagian bawah kaki dan tumit dengan menggunakan botol beku yang digulirkan di sepanjang telapak kaki.

Pengompresan tersebut biasanya akan mengurangi intensitas nyeri pada tumit. Jika rasa sakit masih ada secara terus menerus hingga dua minggu, segeralah berkonsultasi dengan dokter rumah sakit EMC di bagian pain management center agar Anda bisa segera mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat. Perlu diingat bahwa semakin lama mengabaikan rasa sakit tersebut, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk pengobatan.

Untuk rasa sakit pada tumit, rumah sakit EMC dapat memberikan terapi dengan metode Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT). Terapi tersebut menggunakan gelombang kejut yang mampu mengatasi rasa nyeri pada jaringan lunak yang ada pada area telapak kaki Anda. ESWT ini dapat menghilangkan nyeri tumit yang tidak dapat diatasi oleh pemberian obat atau tindakan lainnya. Nah, jangan tunda untuk melakukan konsultasi jika nyeri tak kunjung membaik agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan bebas dan melangkah dengan kaki yang sehat. #LiveExcellently