Deteksi dini virus COVID-19 atau virus Corona sangat penting untuk dilakukan di masa-masa seperti ini. Dengan deteksi dini, kita dapat menghindari sekaligus memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ke orang-orang di sekitar kita. Saat ini, PCR swab dan rapid test adalah jenis tes yang umum dilakukan untuk mendeteksi apakah seseorang terinfeksi virus COVID-19 atau tidak. Namun, beberapa saat lalu WHO (World Health Organization) telah menyetujui rapid antigen sebagai tes yang juga bisa dipergunakan untuk mendeteksi virus COVID-19. Pada akhirnya, masyarakat dibingungkan dengan perbedaan PCR swab, rapid test dan rapid antigen. Untuk menjawab hal ini, mari kita bedah perbedaan dan definisi dari ketiganya!

PCR Swab

Swab adalah kapas lidi yang diusapkan pada rongga nasofaring atau orofaring untuk mendapatkan lendir yang akan digunakan sebagai sampel.

Sedangkan PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah salah satu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA atau RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus COVID-19. Hingga saat ini, tes PCR merupakan tes yang paling direkomendasikan oleh WHO untuk mendiagnosis virus COVID-19.

Meskipun hasil dari tes ini memerlukan waktu beberapa hari, tes PCR memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Swab PCR  untuk mengetahui bahwa di nasofaring atau orofaring seseorang mengandung virus Covid 19.

Rapid Test

Rapid antibodi test adalah sebuah metode tes menggunakan alat cartridge dengan bahan darah dari vena di ujung jari kita sebagai sampel. Rapid antibodi test berfungsi untuk mendeteksi antibodi dalam tubuh ketika terinfeksi virus. Sesuai dengan namanya, hasil dari rapid test ini dapat langsung diketahui dalam jangka waktu singkat yang umumnya hanya membutuhkan sekitar 15 menit. ANTIBODI adalah kekebalan khusus yang terbentuk  dan terdeteksi didalam darah akibat masuknya  mikrooorganisme(virus,Bakteri) yang dikenal dengan nama Imunoglobulin (Ig).

Ig ada 2 yaitu Ig M dan Ig G. Apa bedanya? Ig M adalah Ig yang terbentuk sebagai respon awal terhadap mikroorganisme. Seiring dengan waktu Ig M ini akan menurun dan digantikan oleh Ig G yaitu Ig lanjutan yang akan bertahan beberapa bulan dan bila diberi suntikan booster Ig G ini akan bertahan sampai ber tahun tahun.

Rapid Antigen

ANTIGEN adalah bagian dari tubuh kuman/virus.

Rapid Antigen Swab test berarti pemeriksaan apus hidung untuk mencari bagian2 dari tubuh atau lebih spesifik protein  kuman/virus.

Rapid Antigen akan Positif bila tertangkap materi tubuh dari virus Corona manapun dan tidak bersifat spesifik untuk Covid-19, hasil positif memerlukan tes konfirmasi PCR untuk memastikan

Untuk mendeteksi virus Covid-19, pemeriksaan tes rapid antigen lebih tepat daripada rapid antibodi test karena rapid antibodi hanya mendeteksi reaksi tubuh terhadap masuknya virus.

Meski begitu, tes rapid antigen ini masih belum bisa mengalahkan keakuratan tes PCR.

Perbedaan PCR swab, Rapid Test, Rapid Antigen

Setelah mengetahui definisi dari ketiga metode tes tersebut, berikut beberapa perbedaan PCR swab, rapid test, dan rapid antigen:

  1. Lama waktu pemeriksaan

PCR swab membutuhkan waktu yang lebih lama (satu sampai beberapa hari) dibandingkan dengan rapid antibodi ataupun rapid antigen yang hanya membutuhkan hitungan menit.

  1. Tingkat akurasi

Tingkat sensitifitas dan spesifisitas PCR swab tinggi, sedangkan rapid antigen memiliki tingkat sensitifitas MODERAT dan spesifisitas tinggi. Untuk rapid antibodi tidak dapat mendeteksi virus tetapi mendeteksi antibodi yang timbul akibat masuknya virus ke dalam tubuh.

  1. Sampel yang digunakan

Sampel yang digunakan untuk PCR swab dan rapid antigen adalah lendir di rongga nasofaring atau orofarings. Sedangkan untuk rapid antibodi test menggunakan sampel darah yang diambil di vena pada ujung jari kita.

Itulah definisi dan perbedaan dari PCR swab, rapid antibodi test, dan rapid antigen. Segera deteksi dini virus COVID-19 jika Anda merasa mengalami gejala-gejalanya atau jika Anda merasa sudah melakukan kontak dengan seseorang yang terindikasi positif terinfeksi virus COVID-19. Penanganan virus COVID-19 yang tepat dan akurat dapat menyelamatkan hidup Anda dan orang-orang di sekitar Anda. #LiveExcellently

Artikel di review oleh dr. Agus Sundoko, Sp.PK (Spesialis Patologi Klinis EMC Tangerang).

Untuk mengetahui Pemeriksaan Covid-19 di Rumah Sakit EMC Sentul & Tangerang, dapat klik link berikut :

Baca juga :PCR Swab & Rapid test: Apakah Bedanya dan Bagaimana Prosedurnya?