Mulai dari kesibukan hingga karena faktor kebiasaan, sarapan menjadi hal yang sering dilewatkan begitu saja. Padahal, sarapan memiliki manfaat melimpah bagi tubuh. Nah, di Hari Pangan Nasional yang jatuh pada tanggal 16 September ini, yuk pelajari pentingnya sarapan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Sarapan membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, sarapan mungkin bukan hal yang ingin Anda lewatkan. Sarapan dengan menu sehat dan bergizi menyelamatkan Anda dari rasa lapar luar biasa di siang hari sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada jam makan siang. Sebaliknya, melewatkan sarapan membuat Anda terdorong untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori yang tidak memiliki kandungan nutrisi berguna bagi tubuh.

Sarapan juga berguna bagi Anda yang ingin menjaga kestabilan berat badan. Konsepnya mirip dengan menurunkan berat badan. Sarapan mencegah Anda kalap saat makan siang karena tubuh sudah terisi sejak pagi.

Sarapan merupakan sumber energi

Selayaknya mesin yang membutuhkan bahan bakar untuk beroperasi, tubuh Anda juga butuh asupan gizi sebagai bahan bakarnya sebelum memulai aktivitas. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, Anda perlu melengkapi diri dengan asupan gizi dari makanan yang Anda konsumsi saat sarapan. Tentunya Anda perlu memerhatikan kandungan gizi yang tepat agar manfaat sarapan semakin terasa.

Sarapan melindungi Anda dari maag

Nyeri di area perut akibat maag tentu mengganggu kesibukan Anda. Sarapan bisa menjadi solusi untuk menghindari sakit maag. Sarapan juga bisa mencegah maag kambuh bagi Anda yang memiliki penyakit ini.

Saat tidur, lambung Anda tidak terisi dalam waktu yang cukup lama. Bila terus dibiarkan kosong, akan muncul rasa perih di lambung. Makanan yang Anda konsumsi saat sarapan kembali mengisi lambung Anda sehingga asam lambung dapat dinetralisir.

Sarapan meningkatkan kinerja otak

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa sarapan bisa berkonsentrasi lebih baik dibandingan dengan yang melewatkan sarapan. Alasannya, asupan glukosa yang terdapat dalam menu sarapan bermanfaat membantu otak bekerja lebih baik dan meningkatkan fungsi memori pada otak. Di sisi lain, mereka yang melewatkan sarapan akan mengalami penurunan fungsi otak karena otak tidak memiliki cukup energi untuk bekerja. Akibatnya, aktivitas sehari-hari menjadi terhambat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal sarapan bagi kinerja otak, pilihlah menu sarapan yang kaya karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Ketiganya membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan meningkatkan glukosa dalam aliran darah yang menuju ke otak.

Demikianlah manfaat sarapan bagi tubuh. Manfaat sarapan tersebut akan semakin efektif bila didukung dengan asupan gizi yang tepat. Jangan sembarang pilih makanan, Anda juga perlu memerhatikan kandungan gizinya. Untuk menu sarapan, pilihlah makanan yang rendah kandungan lemak jenuh seperti gorengan, makanan berminyak, dan daging berlemak. Sebaliknya, konsumsilah makanan tinggi protein, seperti telur dan susu dan makanan kaya serat seperti sayur dan buah. Anda juga perlu mengindari porsi yang terlalu banyak agar tidak mengantuk setelah sarapan. Mulai hari ini, yuk membiasakan diri sarapan sebelum beraktivitas. Pastikan orang terdekat Anda juga mengonsumsi sarapan yang tepat agar dapat merasakan manfaatnya yang melimpah bagi kesehatan tubuh. #LiveExcellently