Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Gigi dan mulut yang bersih tidak hanya membuat Anda lebih percaya diri, kebersihan gigi dan mulut juga memiliki peran vital bagi kesehatan seluruh tubuh Anda. Kelalaian merawat mulut dan gigi dapat menimbulkan dampak negatif yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, agar semakin terdorong untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, mari simak dampak negatif akibat kelalaian merawat kesehatan gigi dan mulut.

  1. Gigi berlubang

Sering pula disebut dengan karies gigi, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menggerus gigi Anda. Bila tidak segera ditangani, gigi bolong bisa menjadi semakin luas dan dalam hingga menimbulkan infeksi pada saluran akar gigi. Untuk mengatasinya, segeralah kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi kerusakan gigi Anda.

  1. Bau mulut

Bau mulut yang tidak sedap kerap mengurangi rasa percaya diri. Bau tidak sedap ini bisa muncul akibat adanya masalah pada rongga mulut, antara lain gigi berlubang atau karang gigi yang menumpuk akibat jarang menyikat gigi. Namun, bila Anda sudah rutin menggosok gigi dan masih merasakan adanya bau tidak sedap dari mulut, bisa jadi penyebabnya adalah gangguan pada sistem pencernaan atau pernapasan Anda.

  1. Radang gusi

Jika Anda merasakan gusi berdarah saat menyikat gigi diikuti pembengkakan dan warna yang berubah menjadi lebih merah dari biasanya, maka Anda kemungkinan mengalami radang gusi. Penyebabnya adalah tumpukan plak dan karang gigi pada tepian gusi. Bila dibiarkan, radang gusi dapat semakin parah hingga menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penopang gigi.

  1. Gigi sensitif

Rasa ngilu atau nyeri saat meminum atau mengunyah makanan dan minuman dingin merupakan tanda dari gigi sensitif. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan posisi gusi yang dapat dipicu oleh kesalahan teknik menyikat gigi.

  1. Sariawan

Sariawan cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Rasa perihnya membuat Anda sulit makan dan berbicara. Salah satu penyebab sariawan adalah kuman dan bakteri yang bersarang dan menyebabkan infeksi pada rongga mulut. Infeksi tersebut akan menimbulkan radang yang membuat Anda merasakan perih dan nyeri. Bila Anda sering mengalami sariawan, coba evaluasi kembali kebiasaan Anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Peradangan bagian dalam jantung

Kelalaian menjaga kesehatan mulut dan gigi juga berdampak terhadap organ tubuh lain, salah satunya jantung. Radang pada bagian dalam jantung atau disebut juga dengan endokarditis disebabkan oleh bakteri yang terbawa dalam aliran darah. Darah dengan bakteri tersebut berasal dari gusi yang luka dan berdarah akibat gusi dan gigi jarang dibersihkan.

  1. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 juga ternyata mengintai Anda yang enggan merawat kesehatan gusi dan gigi. Bakteri yang berkumpul di mulut bisa menyusup ke dalam alirah darah melalui pembuluh kapiler di gusi. Saat arteri tersumbat akibat bakteri, beragam penyakit termasuk diabetes tipe 2 akan timbul.

Setelah mengetahui dampak negatif kelalaian merawat gigi dan mulut, yuk mulai jaga kesehatan rongga mulut mulai hari ini. Mulailah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Bila sikat gigi sudah dipakai selama tiga bulan, gantilah dengan yang baru. Anda juga dapat mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan manis dan asam yang tinggi. Selain itu, hindari merokok untuk mencegah gigi berubah warna dan bau mulut. Terakhir, berkonsultasilah dengan dokter gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali. #LiveExcellently