Jantung adalah salau satu organ tubuh manusia paling vital sehingga menjaga kesehatan jantung agar dapat berfungsi secara optimal sangat dianjurkan. Terlebih, fakta mengenai penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian terbanyak di Indonesia membuat kita harus semakin menjaga kesehatan jantung.

Pentingnya menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung biasa disebut sebagai silent killer karena penyakit ini kerap muncul secara tiba-tiba dan seringkali merenggut nyawa penderitanya. Jantung memiliki fungsi sebagai pemompa darah yang berisi nutrisi serta oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Saat jantung sudah tak mampu melakukan fungsi tersebut karena beberapa penyakit atau kondisi tertentu, akan dapat berujung kematian. Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung sedini mungkin sangatlah penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti sekarang.

Cara menjaga kesehatan jantung

Berikut 5 tips mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk menjaga kesehatan jantung Anda:

  1. Berolahraga secara rutin
    Olahraga yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung adalah lari, jalan kaki, berenang, ataupun senam aerobik. Pandemi tidak boleh dijadikan alasan untuk tak berolahraga, karena masih bisa dilakukan di dalam rumah. Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit sebanyak 5-7 kali dalam seminggu. Dengan begitu, jantung akan lebih prima dalam melaksanakan tugasnya, serta dapat membantu dalam mengendalikan berat badan.
  2. Hindari rokok
    Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, hentikan mulai sekarang juga. Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang akan berimbas pada kurangnya suplai oksigen dan nutrisi untuk disebar ke seluruh tubuh.
  3. Istirahat cukup
    Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk beristirahat dan dapatkan tidur berkualitas setidaknya enam sampai delapan jam dalam sehari. Penelitian menyatakan bahwa kekurangan tidur pada malam hari akan berimbas pada kerusakan jantung. Dengan memiliki tidur yang berkualitas, risiko terjadinya serangan jantung akan terminimalisir.
  4. Konsumsi makanan sehat
    Mulai konsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti sayur, buah, ikan, dan daging putih. Hindari makanan yang mengandung santan, gorengan, seafood, makanan yang asin, makanan cepat saji serta makanan olahan terlalu sering.
  5. Konsumsi teh hijau
    Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pencegahan kerusakan pada pembuluh darah. Dua cangkir teh hijau tanpa gula yang dikonsumsi setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain untuk kesehatan jantung, teh hijau juga sangat bermanfaat untuk meredakan stres.

Apabila Anda sudah pernah melakukan pemasangan ring pada jantung, selain melakukan 5 tips di atas, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter jantung Anda.

Cara mengetahui apakah jantung sehat atau tidak

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah jantung Anda sehat, yang pertama adalah dengan rutin melakukan pengukuran tekanan darah, dikatakan normal apabila angka menunjukkan 120/80 atau kurang. Yang kedua adalah dengan cek denyut nadi Anda, dikatakan normal apabila angka menunjukkan 50-70. Tak kalah penting, Anda juga bisa melakukan medical chek-up setidaknya sekali dalam enam bulan.

Itulah pentingnya menjaga kesehatan jantung serta tips agar jantung tetap sehat yang mudah dilakukan meskipun hanya di rumah saja. Jaga kesehatan jantung Anda mulai dari sekarang juga agar terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung.

Artikel di review oleh dr. Yosua Arthur Iskandar, Sp. JP (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS EMC Tangerang).