Tinggal di Indonesia, kita memiliki akses mudah terhadap rempah-rempah. Bukan hanya untuk menyedapkan masakan, rempah-rempah khas Indonesia juga terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini adalah tujuh jenis rempah Indonesia beserta macam-macam khasiatnya.

  1. Cengkeh

Rempah asli Maluku ini sempat menjadi rebutan para penjajah dari Eropa. Cengkeh terkenal akan kandungan senyawa eugenol yang bersifat anestetik dan antiseptik. Itulah alasannya dokter gigi menggunakan minyak cengkeh sebagai bius penghilang rasa sakit dan juga merekomendasikannya sebagai pembasmi bakteri pada gigi penyebab bau mulut. 

Selain senyawa eugenol, cengkeh juga memiliki senyawa flavonoid. Senyawa ini bermanfaat sebagai anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan. Flavonoid juga terkenal berguna bagi penderita rematik. Mengonsumsi cengkeh secara teratur juga bisa membersihkan tubuh dari berbagai racun yang mengendap. 

  1. Kayu manis

Beragam khasiat rempah untuk kesehatan juga bisa didapatkan dari kayu manis. Salah satu jenis rempah paling terkenal ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengatasi peradangan hingga menurunkan kolesterol dalam darah. 

Penelitian juga menemukan bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah. Kayu manis bekerja dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan memperlambat proses pemecahan karbohidrat. Karena manfaatnya itu, kayu manis terkenal di antara orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

  1. Jintan hitam

Jintan hitam memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah, membantu fungsi pencernaan, mengatasi masalah pernapasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian bahkan menemukan bahwa pasien paparan radiasi gamma mengalami lebih sedikit masalah sistem kekebalan tubuh setelah mengonsumsi minyak dari jintan hitam. Kayanya manfaat jintan hitam membuat jenis rempah ini banyak diburu untuk dikonsumsi sebagai obat hingga digunakan sebagai minyak oles.

  1. Kunyit

Selain berguna sebagai pewarna kuning pada makanan, kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa kurkimin pada kunyit terkenal sebagai antioksidan yang kuat. Kurkumin mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan enzim antioksidan. Selain itu, kurkumin juga mampu mengatasi radang sendi karena bersifat anti inflamasi. Penelitian efek kurkumin pada otak juga menemukan bahwa senyawa ini berguna meningkatkan fungsi otak hingga mencegah Anda terserang Alzheimer.

  1. Ketumbar

Ketumbar banyak digunakan untuk obat karena banyaknya senyawa dan nutrisi yang terdapat dalam rempah ini. Tumbuhan yang menyerupai lada ini mengandung vitamin A, C, dan K, kalsium, magnesium, asam folat, flavonoid, riboflavin, dan niasin. Seluruh jenis senyawa dan nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengolah biji serta daun ketumbar.

Kandungan-kandungan dalam tumbuhan ketumbar membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan pusing, flu, radang, masalah pencernaan, menjaga kesehatan mulut, hingga menurunkan tekanan darah tinggi. Vitamin K dalam ketumbar juga bisa membantu membangun massa tulang. 

  1. Kapulaga

Mungkin Anda jarang mendengar tentang jenis rempah ini, tetapi manfaat kapulaga untuk kesehatan tak perlu diragukan. Konsumsi kapulaga secara rutin bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Anda bisa menambahkan kapulaga ke dalam berbagai jenis makanan, terutama berbagai jenis gulai atau kari. 

Selain menurunkan tekanan darah, kapulaga juga bisa membantu mengatasi peradangan, mencegah resistensi insulin, dan mengurangi kolesterol. Karena itu, kapulaga baik dikonsumsi oleh Anda yang memiliki masalah kolesterol, diabetes, dan kelebihan berat badan.

  1. Jahe

Selain kaya manfaat, jahe juga mudah dicampurkan pada berbagai makanan dan minuman. Tidak heran, jahe menjadi salah satu jenis rempah yang paling mudah ditemukan dan paling digemari. Jenis rempah ini mengandung gingerol yang bisa meredakan kontraksi perut. Fungsi jahe lainnya adalah sebagai pereda nyeri pada otot. Selain itu, sensasi hangat saat mengonsumsi jahe juga bisa memberikan efek relaksasi saat Anda mengalami kecemasan berlebihan hingga mengaktifkan panas tubuh untuk meningkatkan proses metabolisme.

Nah, itulah ketujuh jenis rempah asli Indonesia bermanfaat bagi kesehatan. Meski kaya manfaat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya tanpa aturan dosis. Untuk mendapatkan manfaat dari rempah, Anda harus mengonsumsinya secara rutin namun tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping. Pastikan juga Anda mengolah rempah dengan tepat agar kandungan gizinya tidak hilang. #LiveExcellently